Muhammad Yunus
Penyerahan bantuan dari Polda Sulbar kepada salah seorang warga Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju yang menjadi korban bencana banjir dan tanah longsor. [SuaraSulsel.id/ANTARA]

SuaraSulsel.id - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Barat menyerahkan bantuan berbagai kebutuhan pokok kepada warga yang menjadi korban banjir dan tanah longsor di Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju.

Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Sulbar Komisaris Besar Polisi Andarias di Mamuju, mengatakan bantuan kepada korban banjir dan tanah longsor itu sebagai bentuk kepedulian kepolisian dalam membantu warga yang tertimpa musibah.

"Kami mendengar saudara kita di Kalumpang sedang ditimpa bencana, sehingga atas perintah Pak Kapolda, kami datang untuk menyalurkan bantuan," kata Andarias, Selasa 17 Mei 2022.

Bencana banjir dan tanah longsor tersebut kata Andarias, menyebabkan sejumlah warga di wilayah Kecamatan Kalumpang terpaksa mengungsi di rumah keluarga ataupun mencari tempat-tempat perlindungan.

Baca Juga: Banjir Rob Melanda Pasuruan, Diperkirakan Terjadi hingga Sepekan ke Depan

"Kondisi yang menimpa warga Kecamatan Kalumpang inilah yang menarik perhatian dari berbagai pihak untuk menyalurkan bantuan, termasuk kami (Polda Sulbar)," ujar Andarias.

Selain menyalurkan bantuan, Polda Sulbar juga melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat, para tokoh masyarakat dan pihak terkait untuk membahas langkah yang akan diambil dalam penanganan bencana banjir dan longsor di Kecamatan Kalumpang.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk penanganan pascabencana ini. Semoga apa yang kami lakukan ini sedikit banyaknya bisa membantu saudara-saudara kita," ujar Andarias.

Sebelumnya, akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda wilayah Kabupaten Mamuju, pada
Sabtu (14/5) sejumlah kawasan di daerah itu dilanda banjir dan tanah longsor.

Kawasan yang terendam cukup parah, di antaranya di jalan poros Kecamatan Kalukku dengan Kecamatan Bonehau.

Baca Juga: Pesisir Bandar Lampung Dilanda Banjir Rob, Air Laut Menggenang sampai Jalan Raya

Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mamuju bersama BPBD Sulbar serta pihak-pihak terkait telah melakukan langkah-langkah untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir dan tanah longsor.

Komentar