Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bank Indonesia Sulawesi Selatan Bawa Rp2,2 Miliar Uang Rupiah Pakai Kapal Perang ke Pulau Terpencil

Muhammad Yunus Kamis, 22 September 2022 | 14:02 WIB

Bank Indonesia Sulawesi Selatan Bawa Rp2,2 Miliar Uang Rupiah Pakai Kapal Perang ke Pulau Terpencil
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar melakukan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 dengan menyasar enam pulau yang masuk kategori daerah 3T (terdepan, terluar, dan terpencil), Kamis 22 September 2022 [SuaraSulsel.id/Istimewa]

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut

SuaraSulsel.id - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar melakukan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 dengan menyasar enam pulau yang masuk kategori daerah 3T (terdepan, terluar, dan terpencil).

"Bank Indonesia bekerja sama dengan Angkatan Laut melakukan Ekspedisi Rupiah Berdaulat sejak 2011. Untuk menjangkau ratusan pulau-pulau 3T dengan puluhan KRI," kata Komandan Lantamal VI Makassar Kolonel Marinir Amir Kasman di sela pelepasan KRI Sampari yang membawa Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 di Dermaga Mako Layang Lantamal VI, Makassar, Kamis 22 September 2022.

Enam pulau yang tersebar di Kabupaten Pangkep, Sinjai, dan Kepulauan Selayar yang menjadi sasaran adalah Pulau Bonerate, Pulau Jampea, Pulau Sarappo Lompo, Pulau Kapoposang, Pulau Rajuni dan Pulau Pasi Gusung.

Amir mengatakan, kegiatan ini untuk memastikan ketersediaan rupiah di daerah 3T, termasuk di pulau terdepan, terluar, dan terpencil, sekaligus untuk menjaga kedaulatan rupiah di negeri sendiri.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Ojol Makassar Dapat Bantuan BBM Murah Dari UKM Sahabat Sandi

“Kami tidak ingin terulang kasus di Pulau Sipadan dan Ligitan, jadi kegiatan ini juga salah satu upaya untuk membangun rasa bangga dan rasa cinta kepada uang rupiah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Sulsel Causa Iman Karana mengatakan, pihaknya menyiapkan uang rupiah emisi 2022 senilai Rp2,2 miliar untuk disebarkan di enam pulau yang masuk kategori 3T.

“Kami juga akan melakukan literasi dan edukasi tentang uang rupiah. Karena kita tidak ingin ada pulau yang tidak pernah mengenal rupiah,” katanya.

Menurut dia, kerja sama BI Sulsel dan TNI AL dalam hal ini Lantamal VI sejak 2021 BI bersama TNI AL telah melakukan 76 kali ekspedisi di 393 pulau di Indonesia.

Khusus pada 2022 akan dilakukan sebanyak 16 kali di 81 pulau 3T. Ekspedisi terakhir pada 2022 ini uang yang diedarkan adalah uang emisi 2022 yang diluncurkan pada peringatan HUT ke-77 RI pada 17 Agustus 2022. (Antara)

Baca Juga: Viral Korban Dugaan Penipuan Travel Pasang Iklan Besar di Jalan Raya Kota Makassar, Minta Uang Dikembalikan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait