facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Papua Tengah, Papua Selatan, dan Pengunungan Tengah Papua Akan Diresmikan Jadi Provinsi Pada 30 Juni 2022

Muhammad Yunus Senin, 27 Juni 2022 | 06:15 WIB

Papua Tengah, Papua Selatan, dan Pengunungan Tengah Papua Akan Diresmikan Jadi Provinsi Pada 30 Juni 2022
Ilustrasi: Potret anak-anak kecil di Kampung Warse, Kabupaten Asmat, Papua yang tersenyum saat sedang bermain (22/6/20222). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

Mabes Polri kirim 5 Kompi Brimob Nusantara

SuaraSulsel.id - Mabes Polri telah mengirimkan lima kompi Brimob Nusantara menjelang disahkannya UU daerah otonomi baru (DOB) Papua. UU DOB Papua dijadwalkan disahkan tanggal 30 Juni mendatang.

"Lima kompi Brimob Nusantara yang berasal dari Mabes Polri, Polda Sumatera Utara, dan Polda Riau sudah ditempatkan di Wamena, Nabire dan Jayapura," jelas Karo Ops Polda Papua Kombes Wijatmika kepada Antara, Minggu 26 Juni 2022 di Jayapura.

Dia mengakui keberadaan Brimob Nusantara di bawah kendali operasi (BKO) Polda Papua itu guna mengantisipasi peningkatan gangguan kamtibmas jelang dan setelah penetapan UU DOB.

Selain Brimob Nusantara, Polda Papua juga menyiagakan anggota Brimob dan disiagakan selama sebulan.

"Mudah-mudahan tidak ada peningkatan eskalasi keamanan yang berarti," harap Kombes Wijatmika.

Melalui UU DOB yang akan disahkan akhir Juni 2022, Papua dimekarkan dan bertambah tiga provinsi yakni Provinsi Papua Tengah, Papua Selatan dan Provinsi Pegunungan Tengah Papua.

Sebelumnya, Sidang Paripurna DPR Ke-19 pada masa persidangan IV Tahun Sidang 2021-2022 menyetujui tiga Rancangan Undang-Undang (RUU) daerah otonomi baru (DOB) di Papua menjadi usul inisiatif DPR.

"Apakah RUU usul inisiatif Komisi II DPR yaitu RUU tentang Papua Selatan, RUU tentang Papua Tengah dan RUU tentang Pegunungan Tengah dapat disetujui menjadi RUU usul DPR RI," Kata Ketua DPR RI, Puan Maharani yang dijawab "setuju" oleh pada anggota dewan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 12 April 2022. (Antara)

Baca Juga: Komisi II DPR RI Selesai Bahas RUU Papua Selatan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait