facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemerintah Kota Palu Hemat Rp1 Miliar Setelah Gunakan Lampu Hemat Energi Terangi Jalan

Muhammad Yunus Kamis, 26 Mei 2022 | 16:12 WIB

Pemerintah Kota Palu Hemat Rp1 Miliar Setelah Gunakan Lampu Hemat Energi Terangi Jalan
Petugas bekerja memperbaiki jaringan utilitas kabel PLN dan Penerangan Jalan Umum (PJU) di kawasan Kampung Melayu Kecil, Jakarta, Rabu (8/11/2017). [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Pemerintah Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah menghemat keuangan daerah hingga Rp1 miliar

SuaraSulsel.id - Pemerintah Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah menghemat keuangan daerah hingga Rp1 miliar .

Saat menggunakan lampu hemat energi atau Light Emitting Diode (LED) sebagai lampu penerangan jalan umum (PJU).

Sebelum PJU di Kota Palu direvitalisasi dengan diganti lampu LED, tagihan PJU yang dibayar oleh Pemkot Palu kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebesar Rp3,6 hingga Rp3,7 miliar setiap bulan.

"Setelah diganti lampu LED hanya sekitar Rp2,6 miliar. Hemat sampai Rp1 miliar," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Palu Zulkifli, Rabu 25 Mei 2022.

Baca Juga: Pemkot Depok Siapkan Anggaran Rp15,3 Miliar, Perbaikan Jalan Rusak di GDC Dimulai Akhir Agustus 2022

Ia mengatakan lampu LED hanya menggunakan daya listrik antara 50 watt sampai 100 watt per buah. Berbeda dengan lampu merkuri dan lampu pendar yang menggunakan daya listrik mulai dari 250 watt, 500 watt bahkan sampai 1.000 watt.

Saat ini sebanyak 10.799 titik mata lampu PJU di Kota Palu telah dipasangi lampu LED.

Sebelumnya menggunakan lampu merkuri dan lampu pendar yang terkenal boros penggunaan listrik dan menghasilkan banyak emisi karbon.

"Masih ada sekitar 400 titik mata lampu PJU yang akan kita ganti dengan lampu LED. Kita upayakan pada bulan Mei ini 400 titik mata lampu PJU tersebut telah diganti dengan lampu LED," ujarnya.

Zulkifli mengajak warga ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu agar turut menjaga dan merawat lampu-lampu PJU yang ada agar tidak rusak.

Baca Juga: Dani Ramdan Resmikan Proyek Pelebaran Jalan Cikarang-Cibarusah Senilai Rp 17,49 Miliar

Terutama menjaga dari aksi pencurian oleh oknum yang tidak bertanggungjawab sehingga upaya Pemkot Palu untuk membuat Palu terang dapat terwujud.

Pemkot Palu tidak bisa bekerja sendiri untuk menjaga dan merawat belasan ribu lampu PJU tersebut. Makanya semua pihak yakni Pemkot Palu, warga dan pihak terkait agar bersama-sama menjaga dan merawatnya.

"Jika satu lampu PJU rusak maka akan memakan waktu lama untuk diganti," tambahnya. (Antara)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait