facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kementerian BUMN Dorong 1000 UMKM di Toraja Utara Go Online

Muhammad Yunus Minggu, 15 Mei 2022 | 08:58 WIB

Kementerian BUMN Dorong 1000 UMKM di Toraja Utara Go Online
Ilustrasi UMKM manik-manik Kaltim. [ANTARA]

Memanfaatkan perkembangan digital dalam memasarkan produk

SuaraSulsel.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan 1.000 UMKM di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan Go Online atau memanfaatkan perkembangan digital dalam memasarkan produknya.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan BUMN mendorong UMKM Toraja Utara untuk Go Digital dan memanfaatkan fasilitas pelatihan yang diberikan oleh Rumah BUMN.

Kementerian BUMN melakukan pembinaan kepada UMKM di Toraja Utara melalui kehadiran Rumah BUMN Rantepao. Rumah BUMN yang dikelola PT Telkom (Tbk), saat ini membina hampir 500 UMKM.

"UMKM binaan Rumah BUMN Rantepao selain mampu membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Toraja Utara juga mendukung pemerintah dalam penguatan ekonomi rakyat," ujarnya, Sabtu 14 Mei 2022.

Baca Juga: Sebut BUMN Seperti Parpol, Masinton PDIP: Banyak Pajang Foto Menteri Dibanding Presiden, Fotonya Mejeng Sampai Ke ATM!

Rumah BUMN Toraja Utara saat ini membina 482 UMKM di seluruh Toraja Utara dengan 37 persen telah go digital. UMKM ini sebagian besar bergerak di bidang produksi kopi dan kerajinan khas Toraja.

Arya menyebut Menteri BUMN Erick Thohir mendorong UMKM Mitra Rumah BUMN untuk Go Digital. BUMN punya platform digital PaDi UMKM, dengan tujuan dari platform ini dibentuk adalah mempertemukan BUMN dan UMKM, termasuk yang ada di Toraja Utara dalam melakukan transaksi secara digital.

"PaDi UMKM adalah solusi dari Menteri BUMN Erick Thohir atas kebutuhan UMKM di era digital. Platform ini memberikan beragam keuntungan bagi UMKM, termasuk yang ada di Toraja Utara, maupun bagi BUMN dan pemerintah," kata Arya menjelaskan.

Arya Sinulingga juga meminta kolaborasi BUMN untuk membantu pengembangan UMKM di Toraja Utara dengan memberikan berbagai bentuk pelatihan sesuai kebutuhan mitra UMKM. Mulai dari pelatihan digital marketing yang akan diberikan oleh Telkom dan juga pelatihan pengembangan bisnis oleh BRI.

Keberadaan Rumah BUMN Rantepao telah dirasakan manfaatnya. Salah satunya Lukman Umar, pemilik Batikta Toraya.

Baca Juga: Agen BRILink Menjawab Kebutuhan Layanan Perbankan Masyarakat

“Keberhasilan usaha yang saya alami, tidak lepas dari dukungan Rumah BUMN yang memfasilitasi pelatihan digital dan juga bantuan dalam menghadapi rintangan dalam dunia usaha, seperti saat masa pandemi COVID-19 lalu", ucap Lukman.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait