facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Telkomsel Menemukenali Pergerakan Pelanggan dari Jabodetabek ke Wilayah Tujuan Mudik

Muhammad Yunus Senin, 09 Mei 2022 | 17:02 WIB

Telkomsel Menemukenali Pergerakan Pelanggan dari Jabodetabek ke Wilayah Tujuan Mudik
Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam (tengah) didampingi Executive Vice President West Area Sales Telkomsel Gilang Prasetya (kiri) menyapa pelanggan [SuaraSulsel.id/Dokumentasi Telkomsel]

Adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan

SuaraSulsel.id - Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022, Telkomsel menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan.

Dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik di wilayah Pulau Jawa seperti provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Untuk wilayah Jawa Barat sendiri mengalami peningkatan kedatangan pelanggan sebesar 13 persen, sedangkan untuk Jawa Tengah meningkat sebesar 17 persen, dan Jawa Timur sekitar 6 persen, dibandingkan hari biasa.

Selama momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1443 H tahun ini, Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data hingga 45.1 Petabyte (PB), atau tumbuh 21 persen dibanding momen yang sama tahun sebelumnya.

Baca Juga: Jutaan Orang Belum Kembali ke Jabodetabek, Arus Balik Diperkirakan Masih Berlanjut

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, Telkomsel mencatatkan adanya lonjakan trafik layanan data. Pada periode Lebaran tahun ini sebesar 21 persen dibandingkan periode RAFI tahun lalu, atau 9 persen dibanding hari biasa.

Di sisi lain, untuk layanan SMS dan panggilan suara (voice) di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022 masing-masing mengalami penurunan sebesar 31 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Saki menjelaskan, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode RAFI 2022 tersebut didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan.

Meliputi akses layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekira 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa.

Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7 persen.

Baca Juga: Perpanjangan Libur Sekolah Pasca Lebaran 2022 Tuai Pro Kontra Gubernur Hingga Anggota DPR RI

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit seperti WhatsApp (tumbuh 35%), TikTok (meningkat 16%), Instagram (naik 15%), YouTube (melonjak 13%), dan Facebook (naik 1%).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait