facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

TNI AU Akan Bangun Pangkalan Udara di Sorong Papua Barat

Muhammad Yunus Rabu, 16 Maret 2022 | 16:42 WIB

TNI AU Akan Bangun Pangkalan Udara di Sorong Papua Barat
Evakuasi badan pesawat tempur F16 yang terbakar di ujung landasan pacu Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (16/4). (Antara)

Mendukung tugas pokok menjaga kedaulatan negara di udara wilayah Timur Indonesia

SuaraSulsel.id - Mabes TNI Angkatan Udara membangun fasilitas pangkalan udara (Lanud) Sorong, Papua Barat. Dalam rangka mendukung tugas pokok menjaga kedaulatan negara di udara wilayah Timur Indonesia.

"Fasilitas satuan Lanud Sorong segera dimulai pembangunnya pada tahun ini (Tahun Anggaran 2022)," ungkap Panglima Komando Operasi Udara III Marsekal Muda TNI Samsul Rizal menjawab ANTARA seusai membuka Rakernis Koopsud III di Biak, Rabu 16 Maret 2022.

Marsda Samsul menambahkan, selain Lanud Sorong, pihaknya juga akan membangun Lanud Manokwari di ibukota Provinsi Papua Barat.

"Serta satuan Skuadron udara helikopter dan satuan radar di wilayah pangkalan udara Silas Papare Jayapura," ujar peraih Adhi Makayasa AAU 1990 itu.

Baca Juga: Jet Tempur Taiwan Jatuh, Kecelakaan Kedua Dalam Tiga Bulan Terakhir

Disebutkan Marsda Samsul, sesuai dengan rencara strategis TNI kedepan wilayah Koopsud III juga akan dibentuk satuan TNI terintegrasi di wilayah Moratai dan Saumlaki

Diakui Marsda Samsul, dengan adanya satuan baru di wilayah Koopsud III makin menunjang optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.

"Serta satuan Lanud baru dibentuk akan mendukung tugas-tugas operasi udara dalam rangka penegakkan kedaulatan negara di udara," ungkapnya.

Berdasarkan data wilayah Provinsi Papua Barat awalnya bernama Irian Jaya Barat, berdiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999 tanggal 4 Oktober 1999 hingga 2022 belum satupun kabupaten/kota memiliki pangkalan udara. (Antara)

Baca Juga: Ungkap Harga Sayuran di Papua Barat, Harganya Bikin Publik Melongo

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait