facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kabupaten Parigi Moutong Dukung Pembangunan Jalan Penghubung ke Donggala

Muhammad Yunus Senin, 28 Februari 2022 | 07:00 WIB

Kabupaten Parigi Moutong Dukung Pembangunan Jalan Penghubung ke Donggala
Ilustrasi: Pembangunan jalan tol Manado - Bitung di Sulawesi Utara. [Dok PT JMB]

Memudahkan distribusi logistik

SuaraSulsel.id - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, mendukung rencana Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah membangun jalan langsung Tambu dan Kasimbar sebagai penghubung Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong untuk memudahkan distribusi logistik.

"Apa yang di rencanakan Pemerintah Sulteng sangat baik, dan kami mendukung langkah itu karena jalur ini di buat khusus untuk kegiatan mobilisasi logistik," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran di Parigi, Minggu 27 Februari 2022.

Ia menjelaskan, jalur Tambu-kasimbar sebagai penghubung wilayah timur dan barat dalam rangka memudahkan akses perdagangan, yang tidak hanya menguntungkan Donggala dan Parigi Moutong, namun memberikan dampak terhadap ibu kota Sulteng serta daerah-daerah terdekat lainnya. Karena, pemerintah Sulteng juga akan membangun dermaga Tambu wilayah Pantai Barat Donggala yang aksesnya langsung menuju Kalimantan Timur.

"Sebagai mana rencana Pemkab Parigi Moutong membangun kerja sama dengan sejumlah daerah di Kalimantan Timur di sektor pangan maka jalur Tambu-Kasimbar sangat vital, oleh karena itu kami mendorong Pemerintah Sulteng segera mewujudkan pembangunan jalur transportasi ini," ujar Zulfinasran.

Sebagai bentuk komitmen, katanya, Pemkab Parigi Moutong dan Donggala siap membantu Pemprov Sulteng menemui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk meminta dukungan rencana pembangunan jalur tersebut.

Menurut dia Pemprov Sulteng bertekad menjadi salah satu daerah penyangga ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur, maka Parigi Moutong mendukung langkah itu dan ikut berpartisipasi menjadi daerah penyuplai bahan pangan.

"Kami sebagai salah satu daerah penopang ketahanan pangan Sulteng memanfaatkan momen ini yang tidak lain untuk peningkatan perekonomian daerah meningkatkan pendapatan masyarakat untuk kesejahteraan," ujarnya.

Ia menambahkan, akses jalan yang rencananya juga akan yakni jalur Parigi Moutong-Kabupaten Sigi untuk memudahkan akses keluar-masuk logistik di bagian selatan.

"Jika akses-akses ini terbuka, maka jalur keluar-masuk logistik antar daerah semakin mudah dan saling menguntungkan daerah," katanya. (Antara)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait