facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Memutihkan Wajah Pakai Minyak Kelapa, Baking Soda dan Madu

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 11 Februari 2022 | 11:46 WIB

Cara Memutihkan Wajah Pakai Minyak Kelapa, Baking Soda dan Madu
Ilustrasi Gambar (Pexels.com/Andrea Piacquadio/alisyabalqis)

Memiliki kulit putih dan cerah merupakan impian banyak orang, khususnya bagi para perempuan.

SuaraSulsel.id - Cara memutihkan wajah dengan bahan alami. Bahan alami ini bisa menghilangkan noda hitam, kulit sehat dan cerah.

Kulit putih bisa didapat dari perawatan yang teratur, cara yang benar dan menggunakan bahan alami. Memiliki kulit putih dan cerah merupakan impian banyak orang, khususnya bagi para perempuan.

Berikut cara memutihkan wajah dikutip dari AyoBandung:

1. Oatmeal dan Madu

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Air dari Bahan-bahan Alami

Salah satu menu sarapan pagi ini juga berkhasiat dalam memutihkan wajah Anda.

Caranya lembutkan butiran oatmeal dengan blender dan camprukan dengan madu secukupnya. Racikan ini berfungsi sebagai scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah dan mengurangi iritasi.

2. Minyak Kelapa

Kelapa adalah tumbuhan yang semua bagiannya dapat dimanfaatkan mulai dari buah sampai batang dan akarnya. Kelapa dapat digunakan untuk membersihkan racun-racun yang ada di dalam organ tubuh.

Cara membuat minyak kelapa sendiri:

Baca Juga: Tren Bahan Alami Makin Populer, Plant Based Product Bakal Diminati Masyarakat?

Pertama, Diamkan santan yang diperas dari 5 buah kelapa selama satu malam, kemudian ambil krim kelapa yang membeku di lapisan atas.

Kedua, panaskan wajan anti lengket dengan api besar dan masukkan krim kelapa ke dalam wajan.

Lalu, aduk selama 30-40 menit hingga krim kelapa menjadi butiran-butiran coklat, dan pindahkan minyak dengan saringan besi. Lima buah kelapa bisa menghasilkan sekitar 300 ml minyak kelapa.

Selanjutnya, diamkan minyak kelapa hingga dingin dan letakkan di botol kaca.

Anda bisa mencampurkan dua sendok makan (sdm) minyak kelapa dengan beberapa tetes perasan lemon segar, aduk dan gunakan bantuan bola kapas untuk memutihkan area kulit wajah dan leher.

Terakhir, diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Baking Soda

Baking soda dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati dan meratakan warna kulit.

Kandungan yang dimiliki soda kue (baking soda) juga mampu mencegah peradangan kulit. Berapa pun porsi yang Anda butuhkan, gunakan rasio 2:1 untuk baking soda dan air.

Cara meracik baking soda:

Petama, cuci muka dengan air hangat untuk membuka pori-pori wajah. Lalu campurkan satu sendok teh (sdt) baking soda dengan air sesuai rasio.

Aplikasikan pada area yang kusam, misalnya di area T. Diamkan hingga mongering (2-3 menit), kemudian bilas dan keringkan kulit.

Baking soda juga mampu mengecilkan pori-pori wajah. Lakukan tiga kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil lebih efektif.

Baking soda dianjurkan untuk kulit kering. Bagi kulit berminyak, baking soda bisa dicampur dengan garam tanpa air dan kapas.

Demikian cara memutihkan wajah dengan bahan alami.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait