alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Warga Sulsel Terdampak Banjir Dievakuasi Anggota Basarnas

Muhammad Yunus Selasa, 07 Desember 2021 | 08:31 WIB

Warga Sulsel Terdampak Banjir Dievakuasi Anggota Basarnas
Basarnas Sulsel mengevakuasi warga korban banjir, Senin 6 Desember 2021 [SuaraSulsel.id/Basarnas]

Tim Basarnas Sulsel diterjunkan ke sejumlah lokasi di Sulawesi Selatan

SuaraSulsel.id - Tim Basarnas Sulsel diterjunkan ke sejumlah lokasi di Sulawesi Selatan yang terdampak banjir. Untuk membantu melakukan proses evakuasi.

Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi mengatakan, seluruh Rescuer telah diterjunkan ke lokasi yang terdampak banjir untuk melakukan evakuasi.

"Seluruh Tim Rescuer Basarnas sudah kami terjunkan ke lokasi yang dilaporkan terdampak untuk membantu evakuasi," katanya. Selasa 7 Desember 2021.

Untuk wilayah Soppeng ada personel dari Pos Sar Bone yang membantu evakuasi. Di Pinrang ada Personel Pos Unit Siaga Parepare untuk melakukan pencarian terhadap warga yang terseret arus.

Baca Juga: Sampah Pasca Banjir Rob di Pademangan Jakarta Utara Capai 46 Meter Kubik

Sementara dari Makassar ada yang diterjunkan ke Barru untuk bantu evakuasi warga terdampak. Dan sebagian besar fokus untuk melakukan evakuasi di wilayah Makassar dan Gowa.

"Kita terjunkan semua tim sejak kemarin hingga hari ini. Untuk evakuasi di wilayah Makassar dan Gowa, ada beberapa titik wilayah Makassar yang terdampak cukup parah diantaranya Biringkanaya, Manggala, Tamalanrea, serta Panakkukang," urai Djunaidi.

Lebih lanjut, Djunaidi juga menyampaikan bahwa Basarnas Sulsel sudah berada di lapangan sejak kemarin sore. Terus melakukan mengevakuasi warga hingga pagi ini.

"Tim masih terus melakukan evakuasi hingga pagi, belum ada yang beristirahat," ungkapnya.

Dengan tingginya curah hujan ini, Kepala Basarnas Sulsel mengimbau kepada masyarakat agar segera mengevakuasi diri dan barang berharga ke tempat lebih aman. Apabila air sudah mulai tinggi.

Baca Juga: Cerita Warga Korban Erupsi Gunung Semeru: Rumah Hancur, Pemerintah Tolong Kami

"Kami imbau masyarakat agar bisa segera mengevakuasi diri. Sebelum air terlampau tinggi. Ssehingga bisa membantu Tim Sar di lapangan," harap Djunaidi.

Hujan yang mengguyur dengan curah yang tinggi dan durasi yang lama menyebabkan sejumlah sungai di wilayah Sulawesi Selatan meluap. Akibatnya sejumlah daerah dilaporkan terdampak banjir dan warga membutuhkan evakuasi sejak Senin (6/12/2021).

Bantuan Pemprov Sulsel

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menginstruksikan kepada BPBD untuk memastikan pemenuhan bantuan.

"Saat ini sementara loading bantuan logistik pangan dan family kit oleh Tim BPBD Provinsi untuk segera menuju lokasi banjir di Kabupaten Soppeng," katanya, Senin (6/12/2021).

Andi Sudirman menghimbau masyarakat tetap waspada. Antisipasi dampak curah hujan yang tinggi. Apalagi BMKG Wilayah IV memprediksi cuaca tiga hari kedepan hingga tanggal 7 Desember 2021 yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi di beberapa daerah di Sulsel.

Sudirman meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi dan Kabupaten/kota untuk mengambil langkah kesiapsiagaan menghadapi kondisi cuaca saat ini.

"Kita harap bantuan ini dapat meringankan korban terdampak banjir. Serta untuk BPBD terus siaga untuk memastikan pemenuhan bantuan bagi korban," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait