alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Manfaat Zikir Sore Hari, Nomor 1 Terhindar Bahaya Racun

Muhammad Yunus Kamis, 02 Desember 2021 | 15:26 WIB

4 Manfaat Zikir Sore Hari, Nomor 1 Terhindar Bahaya Racun
Ilustrasi berdoa, niat puasa, dzikir, doa setelah sholat (Elemen Envato)

Berzikir adalah salah satu amalan ringan yang mendatangkan pahala besar

SuaraSulsel.id - Berzikir adalah salah satu amalan ringan yang mendatangkan pahala besar. Mudah dilakukan di setiap kesempatan. Saat duduk, berdiri, bahkan berbaring.

Zikir waktu pagi dan petang menjadi amalan yang sangat dianjurkan. Bahkan disebutkan dalam Alquran.

Quran surah Al Ahzab ayat 41-42:

“Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang,”

Baca Juga: Dukun Sianida Magelang Tewaskan 4 Orang, Salah Satunya Warga Sleman

Surah Ar Rum ayat 17:

"Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan waktu kamu berada di pagi hari." (QS. Ar Rum: 17).

Mengutip rumahzakat.org, Ibnu Qoyim mengatakan, “Zikir pagi dan sore ibarat baju besi. Semakin banyak lapisan lempengnya, senjata tidak akan bisa menembus pemakainya. Bahkan, kekuatan baju besi bisa mencapai keadaan, di mana tombak bisa mental dan balik menyerang orang yang melemparnya.”

Mengutip telisik.id -- jaringan Suara.com. Waktu zikir pagi yang dianjurkan dimulai sejak tibanya waktu Subuh hingga matahari terbit. Sementara zikir sore atau petang dimulai sejak masuknya waktu Ashar hingga matahari terbenam.

Dua waktu tersebut dianjurkan untuk memperbanyak zikir dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah Qaf ayat 39.

Baca Juga: Mike Tyson Pernah Minum Racun 53 Kali dan Tidak Mati

"Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya)."

Manfaat zikir pagi dan petang antara lain

1. Dilindungi dari segala keburukan

Orang yang senantiasa memuji kebesaran Allah akan selalu terlindung dari keburukan. Dikir juga bisa membuka pintu keselamatan dunia akhirat.

Dalam hadis Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu disebutkan bahwa barangsiapa yang mengucapkan zikir ini di sore hari sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut. (HR. Ahmad 2/290).

2. Selalu ingat kebesaran Allah

Berzikir merupakan salah satu amalan yang paling disukai Allah SWT. Ini tertuang dalam hadis yang berbunyi:

“Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak. Para Sahabat yang hadir berkata: “Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “Zikir kepada Allah Yang Maha Tinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

Berzikir juga bisa mengingatkan diri pada kehidupan setelah kematian, dan membuat selalu ingat akan kebesaran-Nya.

3. Dicukupi kebutuhannya

Berzikir bisa membuka pintu rezeki. Ini membuat segala urusan dunia dan akhirat terasa lancar dan mudah dilalui. Saat berzikir, Anda akan merasa selalu bersyukur dengan segala apa yang telah dimiliki. Ini membuat hati selalu merasa cukup dan jauh dari perasaan tamak dan serakah.

4. Menenangkan hati

Berzikir bisa membuat hati tenang. Saat berada di dekat Allah SWT, hati akan selalu merasa tenang dan damai. Ini sesuai dengan ayat Al-Qur'an yang berbunyi:

"Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait