facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Warga Gowa Berbondong-Bondong ke Kantor Lurah Disuntik Vaksin Covid-19

Muhammad Yunus Senin, 22 November 2021 | 15:40 WIB

Warga Gowa Berbondong-Bondong ke Kantor Lurah Disuntik Vaksin Covid-19
Warga di Kelurahan Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mendatangi Kantor Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu untuk disuntik vaksin covid-19, Senin 22 November 2021 [SuaraSulsel.id/Muhammad Aidil]

Kolaborasi Karang Taruna dan Pemerintah Kecamatan

SuaraSulsel.id - Puluhan warga di Kelurahan Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mendatangi Kantor Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu untuk disuntik vaksin covid-19, Senin 22 November 2021.

Lurah Samata Faizal Ichwan Azali mengatakan, proses vaksinasi di kantor lurah tersebut merupakan kegiatan kolaborasi. Antara petugas Karang Taruna dan Pemerintah Kecamatan.

Tujuannya adalah agar masyarakat yang berada di Kabupaten Gowa tidak mudah terjangkit Covid-19 setelah terbentuk Herd Immunity alias kekebalan kelompok pada kalangan masyarakat.

“Saya kebetulan lurah di sini, Samata. Jadi kegiatan hari ini adalah kegiatan kolaborasi yang dilaksanakan antara Karang Taruna dan pemerintah kecamatan. Hari ini titiknya di Kelurahan Samata, besok ada titik lain lagi di Kantor Camat Somba Opu. Jadi ada dua titik yang dilaksanakan karang taruna,” kata Faizal saat ditemui SuaraSulsel.id di kantornya, Senin (22/11/2021).

Baca Juga: Pemkab Semarang Kebut Pemberian Vaksin Dosis Kedua

Faizal menjelaskan alasan kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan di Kantor Lurah Samata. Karena ingin mendekatkan masyarakat dengan titik lokasi vaksin. Sebab sebelumnya, kata dia, kegiatan vaksinasi berpusat di pusat Kabupaten.

“Sekarang kita bisa laksanakan di Kantor Lurah dan tempat-tempat dimana masyarakat bisa menjangkau. Kan agak jauh kalau warga Samata datang ke kabupaten. Ini kan kalau kita laksanakan di berbagai titik, kan dapat mendekatkan pelayanan kesehatan ini ke masyarakat,” jelas Faizal.

Menurut Faizal, tanggapan masyarakat dengan adanya kegiatan vaksinasi di kelurahan tersebut memang cukup beragam. Seperti adanya warga yang sudah sadar dengan pentingnya vaksinasi dan ada juga warga yang masih termakan informasi hoax tentang vaksin.

Namun, hal itu tidak menyurutkan pemerintah untuk terus-menerus memberikan edukasi agar masyarakat percaya bahwa vaksin yang digunakan tersebut aman dan halal digunakan. Berdasarkan data pertanggal 16 November 2021, kata dia, tercatat warga di Kelurahan Samata, Kabupaten Gowa yang sudah divaksin covid-19 tercatat sebanyak 2572 orang.

“Beragam, karena ada warga yang sudah sadar dengan vaksinasi. Ada juga yang belum sadar, misalnya masih termakan hoax. Tapi itu kan tugas kita bersama pemerintah untuk memberikan edukasi ke masyarakat bahwa ini vaksin aman dan halal. Apalagi juga sudah ada fatwah MUI-nya bahwa vaksin ini halal,” kata dia.

Baca Juga: Warga Mukomuko Tak Dapat Terima Bansos jika Belum Divaksin Covid-19

“Proses vaksinasi ini sudah berjalan sejak Meret dan sekarang sudah November 2021. Semakin hari, masyarakat semakin sadar tentang pentingnya vaksinasi. Alhamdulillah semenjak kita dekatkan vaksinasi ini ke kelurahan, antusiasnya masyarakat sudah semakin banyak,” tambah Faizal.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait