alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sinopsis Arisan: Hadirkan Realita yang Dikemas dalam Sebuah Pertemuan

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 22 Oktober 2021 | 10:52 WIB

Sinopsis Arisan: Hadirkan Realita yang Dikemas dalam Sebuah Pertemuan
Film Arisan! [IMDb]

Film Arisan ini meraih banyak sekali penghargaan, yuk simak sinopsis arisan berikut ini.

SuaraSulsel.id - Industri perfilman sempat redup di akhir dekade 1990, seniman film Indonesia berusaha menggerakannya dengan memproduksi berbagai jenis film. Arisan adalah salah satu film yang menggerakan perfilman Indonesia. Bagi yang penasaran dengan film satu ini, yuk simak dulu sinopsis Arisan berikut ini. 

Film yang rilis pada 2003 disutradari, diproduser, dan ditulis oleh Nia Daniati. Film ini memiliki segudang prestasi salah satunya festival film Indonesia 2004, setelah 12 tahun ajang penghargaan ini tidak digelar. Berikut prestasi film Arisan.

Film Arisan! [IMDb]
Film Arisan! [IMDb]

1. Film terbaik
2. Aktor film terbaik (Tora Sudiro)
3. Aktor pendukung terbaik (Surya Saputra)
4. Aktris pendukung terbaik (Rachel Maryam)
5. Penyunting terbaik (Dewi S. Alibasyah)

Banyak bukan penghargaan yang diraih, di balik itu semua ada film ini menimbulkan kontroversi yang menghebohkan publik. Sebab adegan film yang menampilkan ciuman antar 2 pria. Meskipun sempat ragu sutradari Nia Dinata tetap memasukan adegan tersebut. 

Baca Juga: Tak Juga Bayar Utang Rp 380 Juta, Emak-emak Ini Digugat Teman Arisan Sendiri

Saat rilis, film ini mendapat respon positif Tora Sudiro dan Surya Saputra yang mendapat piala festival film Indonesia 2004. Selain itu film ini juga ditampilkan dalam Festival Film Asean di Washington Dc saat tahun 2005 lalu. Pensaran dengan jalan cerita film Arisan, simak sinopsis Arisan di bawah ini.

Sinopsis Arisan:

Film arisan ini mennggambarkan gaya hidup masyarakat kota besar yang dinilai sukses. Berawal dari persahabatan Memey (Cut Mini), Sakti (Tora Sudiro), dan Andien (Aida Nurmala) yang awet dari SMA hingga memiliki kehidupan masing-masing. Mereka saling support dalam kehidupan sosial. 

Sifat ketiganya saling bertolak belakang, Memey cenderung pada pribadi serius, Sakti yang mengikuti arus, dan Andien yang cenderung spontan. Tak disangka ketiganya saling melengkapi. Namun, sedekat apapun persahabatan pasti ada rahasia pribadi yang tidak harus disampaikan. 

Memey telah menikah dengan Ical (Nico Siahaan) dan bekerja di bidang desain interior. Sakti masih belum mempunyai pasangan dan fokus menjadi arsitek. Sedangkan Andien menjadi ibu rumah tangga sebab menikah dengan atasannya sediri Bob (Joshua Pandelaki) dan memiliki anak kembar rasanya sudah komplit ya kehidupan Andien ini.

Baca Juga: Viral Emak-emak Arisan Ngamuk Baku Hantam di Jalanan, Semua Berawal dari Kesalahan Admin

Memey belum memiliki anak, akhirnya diundang Andien untuk ikut arisan. Ibu Grace yang notabene ibu Saktipun juga ikut di dalamnya. Arisan yang jadi ajang pamer anggotanya  ini jadi running theme dalam film. Sama seperti persahabatan ketiganya saling bercerita, namun sedekat apapun persahabatan pasti ada hal yang tak seharusnya diceritakan pada yang lain. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait