alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keutamaan Air Hujan Dalam Alquran, Bisa Untuk Pengobatan

Muhammad Yunus Kamis, 21 Oktober 2021 | 06:00 WIB

Keutamaan Air Hujan Dalam Alquran, Bisa Untuk Pengobatan
Ilustrasi Tetesan Air Hujan di Daun. (pixabay.com)

Air hujan, minyak zaitun, dan madu untuk pengobatan

SuaraSulsel.id - Allah Azza wajalla sebenarnya telah menciptakan segala hal di muka bumi ini yang bisa dipakai oleh manusia sebagai sarana penyembuhan. Diantaranya yaitu air hujan, minyak zaitun dan madu.

Mengutip wahdah.or.id, hujan adalah salah satu nikmat dari sekian banyak nikmat yang Allah yang anugerahkan. Air hujan memiliki berbagai keutamaan, Dalam Alquran disebut sebagai air yang berberkah.

Para salaf dahulu menjadikan campuran air hujan, minyak zaitun dan madu sebagai salah satu sarana pengobatan, karena disebutkan di dalam Al-Qur’an dan hadits bahwa air hujan dan minyak zaitun merupakan berkah sedang madu sebagai penyembuh.

Imam al-Qurthubi rahimahullah dalam tafsirnya menukil kisah Auf bin Malik al-Asyja’i rahimahullah yang terserang penyakit. Beliau berkata:

Baca Juga: Hafiz Alquran Ini Ingatkan Baim Wong yang Perlakukan Kasar Kakek Meminta Uang

“Diriwayatkan bahwa Auf bin Malik al-Asyja’i rahimahullah pernah terserang sakit. Maka dikatakan padanya, “Maukah kami mengobatimu?” Ia berkata, “Datangkan padaku air hujan karena Allah berfirman ‘Dan Kami turunkan dari langit air yang berberkah’. Kemudian ia berkata lagi, ‘datangkan padaku madu , karena Allah berfirman, ‘Pada madu terdapat penyembuh untuk manusia’. Datangkan pula padaku minyak zaitun karena Allah berfirman, ‘Ia berasal dari pohon yang berberkah’. Maka didatangkan semua itu lalu ia mencampur semuanya, kemudian Auf bin Malik al-Asyja’i rahimahullah meminumnya, hingga iapun sembuh”. (Tafsir al-Qurthubi: 10/99)

Sebagian ulama menganjurkan pula untuk dibacakan pada air hujan itu al-Qur’an dengan harapan bisa lebih memberi pengaruh pada kesehatan.

Salah satu manfaat air hujan selain untuk menyucikan tubuh adalah untuk menghilangkan gangguan dan was-was setan.

Allah Azza wajalla berfirman:

“Dan Allah menurunkan kepada kalian hujan dari langit untuk menyucikan kalian dengan hujan itu dan menghilangkan dari kalian gangguan-gangguan setan.” (QS. Al-Anfal: 11)

Baca Juga: Jalan Hidayah Prof Jeffrey Lang, Jadi Mualaf usai Iseng Membaca Alquran

Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata:

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait