alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PMI Sulsel Siapkan Plasma Konvalesen Gratis untuk Pasien Covid-19

Muhammad Yunus Jum'at, 17 September 2021 | 07:21 WIB

PMI Sulsel Siapkan Plasma Konvalesen Gratis untuk Pasien Covid-19
PMI Sulsel menggelar vaksinasi di sejumlah daerah di Sulsel. Untuk pencegahan dampak buruk Covid-19 [SuaraSulsel.id / Istimewa]

Memastikan ketersediaan plasma konvalesen di Markas PMI Sulsel

SuaraSulsel.id - Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan, memastikan ketersediaan plasma konvalesen di Markas PMI Sulsel, di Jalan Lanto Daeng Pasewang. Dalam rangka HUT PMI, penyaluran plasma konvalesen ke pasien covid-19 yang membutuhkan juga dipastikan tidak berbayar.

Ketua PMI Sulsel Adnan Purichta Ichsan mengungkapkan, bagi masyarakat yang membutuhkan plasma konvalesen bisa mendatangi langsung markas PMI Sulsel, di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Makassar.

"Ada 50 kantong plasma konvalesen yang disiapkan secara gratis bagi pasien covid-19 yang membutuhkan," kata Adnan, Jumat 17 September 2021.

Bupati Gowa ini menambahkan, ketersediaan 50 kantong plasma konvalesen secara gratis itu berkat kerjasama dengan Pasar Modal Indonesia dan OJK dalam rangka HUT PMI ke 76 tahun.

Baca Juga: PON Papua: Tarung Derajat Sulsel Waspadai Jabar dan Aceh

"Untuk warga yang membutuhkan donor plasma konvalesen silahkan datang ke markas PMI Sulsel," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UTD PMI Sulsel, dr Miranti A Paturusi, menambahkan, selama ini plasma konvalesen memang belum disiapkan secara gratis oleh rumah sakit.

"Adanya kerjasama Pasar Modal Indonesia dengan PMI Sulsel ini diharapkan bisa membantu suplai plasma konvalesen bagi pasien covid-19 yang membutuhkan. Ini kita siapkan secara gratis," jelasnya.

Hal ini kata Miranti, sebagai wujud dari kerjasama dengan Pasar Modal Indonesia yang membiayai operasional penyediaan plasma konvalesen.

"Penyediaan plasma konvalesen memang tidak mudah. Karena membutuhkan biaya dan kesediaan pendonor. Alhamdulillah Pasar Modal Indonesia punya program bantu plasma, sehingga dalam rangka HUT PMI ke 76 tahun, PMI Sulsel bekerjasama dengan Pasar Modal Indonesia menyiapkan secara gratis," pungkasnya.

Baca Juga: Atlet Panahan Sulsel Aidah Ayu Lestari, Berlatih Keras Meski Cedera

Vaksinasi di 24 Daerah

Palang Merah Indonesia Sulawesi Selatan menyambut Hari Ulang Tahun dengan menggelar berbagai kegiatan kemanusiaan. Salah satunya melakukan vaksinasi di 24 kabupaten dan kota. Sebagai bentuk keikutsertaannya dalam penanganan Covid-19.

Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan menuturkan, seluruh kegiatan yang digelar dalam rangka HUT PMI disesuaikan dengan kebutuhan kemanusiaan saat ini.

"Kita ini lagi melawan pandemi Covid-19. Makanya pada HUT PMI Ke-76 tahun, PMI Sulsel menggelar beberapa kegiatan dalam rangka ikut serta dalam penanganan Covid-19," kata Adnan.

Untuk kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di seluruh kabupaten dan kota di Sulsel ini menyiapkan 50 ribu dosis vaksin.

"Insyaallah akan disalurkan ke 24 kabupaten dan kota. Ini adalah bagian dari komitmen PMI dalam ikut aktif dalam penanganan Covid-19," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PMI Sulsel, Prof Itji Diana Daud mengatakan, 50 ribu dosis yang disiapkan PMI akan disalurkan bekerjasama dengan dua organisasi lainnya yakni KNPI Sulsel dan HIPMI Sulsel.

"Masing-masing daerah akan mendapat kuota 2.000 vaksin. Tapi beberapa daerah seperti Maros dan Pangkep mendapat penambahan karena besarnya antusiasme peserta vaksin di daerah itu," ungkap Prof Itji.

Peserta dari vaksinasi ini, lanjutnya, dibagi dengan uraian 40 persen untuk kalangan pemuda, 40 persen untuk kalangan pengusaha dan 20 persen untuk keluarga relawan PMI dan umum.

"Kita juga melibatkan dinas kesehatan masing-masing daerah dalam vaksinasi ini. Masing-masing dinas kesehatan menyiapkan tenaga kesehatannya yang akan bertindak sebagai vaksinator," ujar Prof Itji.

Pencanangan vaksinasi ini rencananya akan dilakukan mulai Jumat (17/9) besok atau bertepatan dengan HUT PMI Ke-76 tahun oleh Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan bersama Ketua KNPI Sulsel, Nurkanita Marudani dan Ketua HIPMI Sulsel, Andi Rahmat Manggabarani.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait