alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Inilah Manfaat Niacinamide untuk Wajah

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah Minggu, 12 September 2021 | 09:00 WIB

Inilah Manfaat Niacinamide untuk Wajah
Ilustrasi menggunakan skincare. (Pexels)

Dapat membantu meratakan warna kulit.

SuaraSulsel.id - Di zaman serba modern seperti saat ini, membuat prioritas setiap orang banyak mengalami perubahan. Jika dahulu perawatan kulit wajah dianggap sebagai sesuatu yang mewah dan hanya bisa dinikmati kalangan tertentu, namun sekarang hampir semua kalangan bisa menikmatinya.

Dalam perawatan kulit wajah, niacinamide menjadi salah satu ingredients skincare yang disukai banyak orang. Tak berlebihan rasanya mengingat manfaatnya yang beragam serta berbagai keunggulan lain yang dimilikinya. Nah, apa saja manfaat niacinamide untuk wajah yang membuatnya menjadi salah satu bahan favorit untuk perawatan kulit wajah?

Mengenal Niacinamide, Skincare Ingredients Favorit Setiap Jenis Kulit

Dalam memilih produk perawatan kulit, salah satu yang kerap menjadi pertimbangan adalah tipe atau jenis kulit yang dimiliki. Hal tersebut dikarenakan setiap bahan dalam skincare memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga satu bahan tertentu bisa jadi tidak cocok dipakai pada satu jenis kulit tertentu.

Baca Juga: Bikin Wajah Glowing, Simak 3 Cara Mempercepat Regenerasi Sel Kulit

Berbeda dengan niacinamide yang menjadi favorit hampir semua jenis kulit karena memiliki sifat-sifat serta keunggulannya. Namun tahukah Anda apa itu niacinamide? Jadi, niacinamide merupakan nama lain dari Nicotinic Acid yaitu vitamin B3 yang terkandung dalam beberapa makanan seperti ikan salmon dan ayam.

Niacinamide tak hanya bermanfaat bagi tubuh tetapi juga untuk kesehatan kulit wajah. Berikut keunggulan niacinamide yang perlu Anda tahu.

5 Manfaat Niacinamide untuk Wajah

Jika Anda mendambakan kulit wajah yang sehat, lembab, dan cerah, maka Anda bisa menambahkan niacinamide dalam ritual skincare Anda. Inilah penjelasan lebih lengkap mengenai manfaat niacinamide untuk perawatan kulit wajah.

1.      Mencerahkan Kulit

Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat Badan di Punggung, Dada, dan Lengan

Kulit yang cerah bersinar menjadi dambaan hampir setiap orang. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mendapat tampilan kulit bening bak artis Korea, seperti diantaranya dengan rutin melakukan eksfoliasi baik secara mekanik maupun chemical.

Cara lain yang relatif lebih aman karena minim iritasi yaitu dengan menggunakan produk skincare berbahan dasar niacinamide. Anda bisa mencoba untuk memakai Somethinc dengan kandungan niacinamide karena produk lokal ini efektif untuk mencerahkan wajah dengan harganya yang terjangkau.

2.     Membantu Meratakan Warna Kulit

Problem kulit berikutnya yang banyak dialami oleh setiap orang adalah warna kulit yang tidak merata. Hiperpigmentasi ini membuat penampilan kulit menjadi tidak sehat serta terlihat mengganggu. Beberapa hiperpigmentasi antara lain disebabkan oleh hormon, paparan berlebih sinar matahari, jerawat yang menimbulkan bekas dan masih banyak lagi. Nah, manfaat niacinamide untuk wajah berikutnya ialah membantu meratakan warna kulit yang diakibatkan oleh hal-hal tersebut.

3.     Melembabkan Kulit

Kulit yang lembab akan membuat produk make up apapun lebih menempel pada kulit wajah. Kulit lembab juga menjadi salah satu tanda jika kulit tersebut sehat karena kadar air yang terjaga. Selain itu, kulit lembab dapat memperlambat tanda penuaan dibandingkan dengan kulit kering yang lebih mudah muncul keriput di wajah.

Nah, Anda dapat menambahkan niacinamide ke dalam ritual perawatan kulit karena salah satu manfaat niacinamide untuk kulit yaitu dapat membantu menjaga kelembaban kulit wajah.

4.     Memperkuat Skin Barrier

Salah satu tanda kulit wajah yang sehat berikutnya ialah memiliki skin barrier yang kuat. Skin barrier merupakan lapisan pelindung kulit yang membantu menjaga kulit dari pengaruh buruk hal di sekitar wajah misalnya bakteri penyebab jerawat.

Salah satu komponen skin barrier yaitu ceramide. Nah, niacinamide sendiri berfungsi untuk mendorong produksi ceramide di kulit sehingga pada akhirnya akan membuat lapisan pelindung kulit wajah nantinya  semakin kuat.

5.     Mengendalikan Produksi Sebum

Sebum adalah minyak alami yang dihasilkan oleh tubuh dan mengandung beberapa komponen seperti asam lemak, wax ester, squalene, trigliserida serta kolesterol. Sebum memiliki beragam manfaat bagi kulit karena dapat menjaga kelembaban serta melindungi kulit dari bakteri.

Namun produksi sebum yang berlebih dapat memicu beberapa kelainan di kulit seperti jerawat, blackhead, whitehead dan lain-lain. Menambahkan niacinamide dalam slot skincare akan bantu mengendalikan produksi sebum yang berlebih sehingga membuat kulit wajah Anda tetap sehat.

Anda bisa membeli Somethinc dengan kandungan niacinamide yang memberi beragam manfaat tersebut. Produk lokal ini dibanderol dengan harga terjangkau dengan tambahan komposisi lain yang juga bermanfaat, seperti sabiwhite yang akan mengatasi hiperpigmentasi, membantu mencerahkan dan beragam manfaat lainnya.

Tak hanya bagi kulit, niacinamide juga disukai oleh banyak produsen kosmetik karena harganya yang terjangkau serta mudah larut dalam air. Di sisi lain, niacinamide memiliki bentuk yang relatif stabil sehingga tidak mudah rusak dan mempermudah penyimpanan. Berbeda dengan vitamin C yang cenderung mudah rusak oleh pengaruh lingkungan.

Niacinamide juga tepat untuk dijadikan bahan andalan bagi Anda yang sedang menerapkan skincare diet atau membatasi jumlah penggunaan skincare pada kulit wajah. Hal ini lantaran niacinamide sudah bisa meng-cover semua kebutuhan dasar kulit mulai dari melembabkan, memperkuat skin barrier dan manfaat lainnya agar kulit tetap sehat.

Keunggulan lain dari vitamin B3 ini yaitu niacinamide minim iritasi, lebih fleksibel digunakan karena bebas dipakai baik untuk skincare pagi ataupun skincare malam hari. Niacinamide  bekerja dengan cara mendukung bahan aktif skincare lain sehingga dapat memberi hasil yang maksimal pada kulit. Komposisi ini juga cenderung tidak memiliki efek samping dari niacinamide.

Setelah mengetahui manfaatnya yang sangat banyak, lalu berapakah kadar atau persentase yang efektif untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu? Nah, berikut sedikit panduannya :

       Produk dengan persentase niacinamide 2% - 4% cukup efektif untuk mengendalikan produksi minyak, bisa digunakan sebagai treatment kulit berjerawat, mengatasi kondisi kulit tertentu seperti atopic dermatitis dan rosacea.

       Produk dengan kandungan niacinamide sebesar 4% - 5% cukup efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi dan melasma.

Merawat kulit wajah menjadi prioritas kebutuhan banyak orang karena kulit yang sehat terawat dapat meningkatkan rasa percaya diri. Anda bisa mengunjungi Blibli sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan skincare Anda.

Cukup unduh Blibli dan mulai belanja dengan tenang karena produk di Blibli selalu original dengan harga yang bersahabat. Nah, setelah mengetahui manfaat niacinamide untuk wajah, kini semakin mantap bukan untuk segera mencobanya?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait