alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kapal Motor Mega Surya Meledak dan Terbakar, Dua ABK Terluka di Pelabuhan Bajoe Bone

Muhammad Yunus Jum'at, 25 Juni 2021 | 14:17 WIB

Kapal Motor Mega Surya Meledak dan Terbakar, Dua ABK Terluka di Pelabuhan Bajoe Bone
Ilustrasi : Kapal terbakar di Pelabuhan Belawan Medan. (ANTARA/HO)

Api diduga berasal pada mesin kapal

SuaraSulsel.id - Dua orang Anak Buah Kapal atau ABK bernama Ardi (40 tahun) dan Masri (30 tahun) dikabarkan mengalami luka bakar. Setelah Kapal Motor Mega Surya milik H Acing (60 tahun) yang ditumpangi terbakar.

Kepala Kepolisian Sektor Pelabuhan Bajoe Iptu Jamal mengatakan bahwa kapal motor KM Mega Surya yang diketahui dinakhodai oleh Sisman (40 tahun) itu terbakar di Pelabuhan Rakyat, Jalan Pelabuhan, Kelurahan Bajoe, Kecamatan Tanaete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada Jumat 25 Juni 2021 pukul 06.15 Wita.

"Telah terjadi kebakaran satu unit Kapal Motor Mega Surya di Pelabuhan Rakyat, Jalan Pelabuhan," kata Jamal kepada wartawan melalui keterangan tertulisnya, hari ini.

Menurut Jamal, kapal itu terbakar akibat api yang diduga berasal pada mesin kapal yang berada di bagian belakang. Kala itu, kedua korban, yakni Ardi dan Masri yang berada di dalam kapal tengah melakukan pengecekan mesin kapal.

Baca Juga: Detik-detik Kapal KM Karya Indah Terbakar Habis

Namun, disaat yang bersamaan, tiba-tiba saja terjadi ledakan. Sehingga, membuat api menjalar ke seluruh bagian kapal dan menghanguskan kapal tersebut berserta barang muatannya.

"Kedua korban sementara berada di dalam kapal melakukan pengecekan mesin. Tiba-tiba terjadi ledakan kemudian api menjalar keseluruh bagian kapal dan menghanguskan kapal beserta isinya berupa sembako," jelas Jamal.

Personil Polsek Kawasan Pelabuhan Bajoe yang mendapat informasi tersebut, bergegas mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pengamanan. Termasuk mengevakusi dua korban.

Api pun baru berhasil dijinakkan setelah lima unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Dengan berjibaku melakukan penyemprotan ke seluruh bagian kapal yang terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun dua ABK kapal yang mengalami luka bakar harus dilarikan ke Rumah Sakit M Yasin Watampone untuk mendapatkan perawatan medis. Sementara kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp 1 miliar.

Baca Juga: Cerita Penumpang Selamat KM Karya Indah Terombang-ambing di Laut Selama 2 Jam

"Korban mengalami luka bakar dan selanjutnya personil Polsek Kawasan Pelabuhan Bajoe bersama warga menolong korban dan membawa ke rumah sakit M.Yasin Watampone," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait