alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Melihat Hilal ? Ini Penjelasan BMKG

Muhammad Yunus Selasa, 11 Mei 2021 | 20:31 WIB

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Melihat Hilal ? Ini Penjelasan BMKG
Tim Hisab Rukyat Kantor Wilayah (Kanwil) Agama Provinsi DKI Jakarta memantau hilal awal Ramadhan 1441 H di atap Gedung Kanwil Agama DKI Jakarta, Jatinegara, Jakarta, Kamis (23/4). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Pemantauan hilal dilakukan pada pukul 18.03 Wita saat matahari akan terbenam

SuaraSulsel.id - Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar Darmawan mengatakan, petugas hanya butuh waktu sekitar 15 menit. Untuk bisa melakukan pemantauan hilal. Guna mengetahui masuknya bulan syawal pada pukul 18.03 Wita.

"Saat matahari akan terbenam di Kota Makassar, hilal tidak tampak itu pun hanya memiliki waktu 15 menit untuk dapat memantau hilal awal bulan Syawal 1442 Hijriah," kata Darmawan kepada Antara di Makassar, Selasa 11 Mei 2021.

Darmawan mengatakan, pemantauan hilal dilakukan pada pukul 18.03 Wita saat matahari akan terbenam.

Dari hasil perhitungan BBMKG Wilayah IV, matahari terbenam pada pukul 16.03 Wita. Dalam waktu itu hanya memiliki waktu 15 menit untuk memantau hilal.

Baca Juga: Banyak Spanduk di Pekuburan Makassar, Tulisannya Seragam Bikin Merinding

Menurut dia, bulan akan jatuh masuk ke ufuk itu dalam waktu 15 menit dan pemantauan dilakukan di atap gedung Mal Global Trade Center (GTC) Makassar.

Dalam melakukan pemantauan hilal tersebut, BMKG bekerja sama dengan Departemen Agama untuk menyaksikan hilal bulan Syawal 1442 hijriah.

"Hingga saat ini cuaca cerah, semoga ini bisa terpantau tapi biasanya di ufuk itu ada awan yang biasanya akan menghalangi kelihatannya hilal tersebut," ujar Darmawan.

Dia memprediksi hilal akan berada di bawah ketinggian 3 derajat dan semoga cuaca dan tingkat kecerahan mendukung, sehingga memungkinkan untuk bisa melihat hilal.

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono mengatakan pengamatan pada Selasa tanggal 11 Mei 2021 pada sore hingga malam hari tidak mungkin hilal terlihat. Karena konjungsi/ijtimak hilal belum terjadi dan ketinggian hilal masih negatif (minus).

Baca Juga: Pemkot Makassar Akan Tutup Seribu Titik Jalan untuk Salat Idulfitri

Potensi terlihatnya hilal pada pengamatan hilal tanggal 12 Mei 2021 antara sedang-besar. Perlu ditegaskan, bahwa pengamatan hilal selalu dilakukan sore hingga malam hari. Demikian juga pengamatan Rabu tanggal 12 Mei 2021, juga dilaksanakan pada sore hingga malam hari.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait