alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Segera Tinggalkan Mobil BBM, Pemkot Kendari Luncurkan Mobil Listrik

Muhammad Yunus Senin, 10 Mei 2021 | 06:07 WIB

Segera Tinggalkan Mobil BBM, Pemkot Kendari Luncurkan Mobil Listrik
Pemkot Kendari memperkenalkan mobil listrik untuk kendaraan dinas di HUT Kota Kendari, Minggu 9 Mei 2021 / [telisik.id]

Pemerintah Kota Kendari meluncurkan mobil listrik Hyundai LoniQ Electric untuk kendaraan dinas

SuaraSulsel.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari meluncurkan mobil listrik Hyundai LoniQ Electric jenis sedan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari ke-190, Minggu (9/5/2021).

Sebelum diperkenalkan ke publik, Pemkot Kendari dan PT Gowa Modern Motor melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, kehadiran kendaraan listrik berbasis baterai ini menjadi salah satu cara daerah memperkenalkan potensinya.

"Kita tahu bersama Sultra ini memiliki deposit nikel terbesar di dunia. Dan salah satu produk dari hasil nikel ini adalah baterai litium yang menjadi komponen utama dari kendaraan listrik," ungkap Sulkarnain Kadir, di Rumah Jabatannya usai upacara HUT Kota Kendari.

Baca Juga: Forum Jurnalis Kendari Kecam Kekerasan Terhadap Wartawan

"Jadi inilah alasannya kenapa Kota Kendari mengambil inisiatif untuk menjadi lokomotif memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat," sambungnya kepada telisik.id -- jaringan Suara.com

Sulkarnain menuturkan, mobil Hyundai Loniq Electric itu nantinya akan digunakan untuk operasional pemerintah.

"Dan nanti secara bertahap kita akan mengganti kendaraan-kendaraan yang selama ini masih menggunakan bahan bakar fosil, kita alihkan menjadi bahan bakar listrik karena ramah lingkungan dan jauh lebih hemat," jelasnya.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk turut menggunakan produk ini, demi membantu mewujudkan Kota Kendari yang layak huni berbasis ekologi, karena mobil ini lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas buang.

Senada Bobby Wirawan, Deputi General Manager Regional Sales, PT. Hyundai Motors Indonesia mengatakan, mobil listrik Hyundai Loniq Electric memiliki kapasitas baterai 38,3 kWh dan bisa menempuh jarak 311 kilometer .

Baca Juga: Rumania Jadi Lokasi Produksi Mobil Komersial Ringan Ford Motor Company

Sementara itu, lanjut Bobby Wirawan, posisi baterai di bawah kabin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait