alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masjid At Taqwa, Masjid Tua dan Bersejarah di Kolaka

Muhammad Yunus Rabu, 05 Mei 2021 | 13:08 WIB

Masjid At Taqwa, Masjid Tua dan Bersejarah di Kolaka
Masjid At Taqwa berdiri megah di Kelurahan Latambaga, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka / [telisik.id]

Masjid Raya At Taqwa memiliki arsitektur bangunan yang indah

SuaraSulsel.id - Masjid At Taqwa Kolaka adalah masjid bersejarah. Menjadi masjid tertua di Kolaka. Masjid berdiri megah di Kelurahan Latambaga, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka.

"Iya jadi Masjid Raya At Taqwa termasuk masjid paling tua di Kolaka, masjid yang punya nilai sejarah penting," kata pengurus Masjid Raya At Taqwa yang juga Kepala bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kolaka, Andi Pangoriseng kepada Telisik.id -- jaringan Suara.com, Selasa (4/5/2021).

Meski demikian, kata Andi Pangoriseng, Masjid Raya At Taqwa memiliki arsitektur bangunan yang indah. Mencolok dibanding beberapa masjid lain.

Desain bangunan yang elegan dengan struktur bangunan unik membuat indah masjid.

Baca Juga: Sosok Nawir, Pemuda yang Tarik Paksa Masker Jemaah di Masjid Bekasi

Masjid Raya At Taqwa berdiri pada tahun 1955. Ketika masjid ini berusia 61 tahun, dilakukan renovasi. Disebabkan struktur bangunan yang sudah tidak kuat dan mulai mengalami keretakan akibat gempa.

Bangunan masjid dirobohkan untuk memulai pembangunan baru. Tapi tetap mempertahankan bentuk awal masjid yang memiliki nilai sejarah bagi masyarakat Kolaka.

Pada 28 Oktober tahun 2016, yang bertepatan hari sumpah pemuda, Ahmad Safei selaku Bupati Kolaka, meresmikan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan masjid. Hingga kini, masjid ini masih terus dalam tahap pengerjaan dan penyempurnaan.

Bangunan masjid ini mempunyai 4 kubah yang menjulang ke atas berwarna kuning keemasan. Satu kuba utama berukuran besar, kemudian satu kuba terletak di bagian belakang kuba utama.

Sedangkan dua kuba kecil yang lain terpasang diantara dua menara sebelah kanan dan kiri sisi masjid.

Baca Juga: Jemaah Diusir karena Pakai Masker, KSP: Melawan Semangat Moderasi Beragama

Selain bentuk bangunannya yang mencolok, masjid ini juga ternyata menyimpan sebuah cerita mistis.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait