alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pecinta Kucing, Ini Makanan Manusia yang Aman dan Sehat untuk Kucing

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi Selasa, 19 Januari 2021 | 14:39 WIB

Pecinta Kucing, Ini Makanan Manusia yang Aman dan Sehat untuk Kucing
Ilustrasi makanan kucing. [Shutterstock]

Makanan-makanan manusia ini cocok dan aman dikonsumsi oleh kucing. Apa saja?

SuaraSulsel.id - Tidak semua makanan manusia aman dan sehat untuk kucing. Beberapa justru bisa berbahaya jika diberikan kepada hewan. Ingat, kucing adalah hewan karnivora, dan dia tidak akan menyukai aneka sayuran.

Jadi, makanan manusia apa yang aman untuk diberikan kepada kucing? Berikut 4 makanan manusia yang aman dimakan kucing, seperti mengutip World of Buzz, Selasa (19/1/2021).

1. Salmon

Sama seperti ayam, salmon juga merupakan sumber protein yang baik untuk kucing. Mengandung lemak asam Omega 3, salmon memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk kucing yang menderita alergi dan kulit kering.

Baca Juga: Pria Ini Nekat Santap Makanan Kucing Pake Nasi, Rasanya Bikin Tepok Jidat!

Dengan makan salmon, kucing peliharaan Anda bisa memiliki bulu yang lebih berkilau. Tapi ingat ya, salmon harus dimasak lebih dulu, karena salmon mentah bisa mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan kucing.

2. Tulang ikan

Kucing biasanya sangat menyukai tulang ikan, salah satunya tulang yang berasal dari ikan tuna dan sejenisnya. Tulang ikan dianggap menyehatkan untuk kucing karena tinggi protein, rendah karbohidrat, serta rendah garam.

Bagaimana penyajianna? Alih-alih diberikan tulang utuh yang berisiko membuat kucing tersedak, tulang ikan sebaiknya dihancurkan dan diletakkan di wadah, atau ditaburkan di atas makanan kucing Anda.

3. Daging kepiting

Baca Juga: Super Gemas! Kucing Ini Diajak Majikan Shopping, Didandani Seperti Bayi

Daging kepiting tak hanya disukai manusia, tapi juga disukai dan baik untuk kucing. Ini karena daging kepiting kaya protein, asam amino, dan asam lemak Omega 3.

Saran penyajiannya, keluarkan semua daging kepiting dari cangkangnya, dan pastikan tidak akan ada potongan kecil cangkang kepiting yang bisa membuat kucing tersedak.

4. Daging ayam

Kucing memiliki gen sebagai hewan penyuka makanan berbau amis, dan ini berlaku juga untuk daging ayam yang bisa menjaga kesehatan kulit, bulu dan otot mereka. Daging ayam mengandung Omega 6 dan vitamin B kompleks yang bisa memperkuat kekebalan tubuh kucing.

Saran penyajiannya, pastikan daging ayam selalu diberikan dalam keadaan matang, misalnya dengan direbus atau dikukus terlebih dahulu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait