Muhammad Yunus
Petugas mendokumentasikan lokasi penemuan janin bayi dalam toilet Puskesmas Hamadi Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua [KabarPapua.co]

SuaraSulsel.id - Yuliana, pegawai Puskesmas Hamadi Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua kaget. Saat melihat janin bayi sudah mengeluarkan aroma tidak sedap dalam toilet.

Mengutip KabarPapua.co -- jaringan Suara.com, Kapolresta Jayapura Kota AKBP Victor Dean Mackbon melalui Kapolsek Jayapura Selatan Kompol Hendrik Seru membenarkan penemuan jasad bayi di toilet Puskesmas Hamadi.

“Saksi (Yuliana) mencium bau tak sedap, kemudian mencarinya dan menemukan sosok jasad janin bayi yang sudah dalam keadaan tidak bernyawa di dalam kamar mandi atau toilet Puskesmas yang sudah berbau,” terangnya.

Saat itu, lanjut, Hendrik, Yuliana sempat memanggil rekannya untuk melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Jayapura Selatan dan langsung direspons oleh anggota yang piket dengan dipimpin Kanit Reskrim Ipda Muh Mirwan.

Baca Juga: Jangan Pernah Memberi Susu Sapi Murni ke Bayi di Bawah 12 Bulan, Ini Alasannya

“Anggota yang mendatangi TKP selanjutnya melakukan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) untuk mengumpulkan alat bukti dan keterangan para saksi. Kemudian dilanjutkan dengan Olah TKP oleh Tim Inafis dari Sat Reskrim Polresta Jayapura Kota,” katanya.

Hendrik menambahkan, janin bayi telah dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk dilakukan autopsi, Jumat 27 Mei 2022. Sementara penyidik Polsek Jayapura Selatan masih melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan informasi dari warga sekitar.

“Info yang diketahui bahwa di dalam lingkungan Puskesmas Hamadi, biasanya warga dari luar bebas keluar masuk untuk menumpang memakai toilet di Puskesmas tersebut,” ungkap Hendrik.

Komentar