Dythia Novianty
Catch the Ghost. [Imdb]

SuaraSulsel.id - Catch the Ghost adalah serial drama Korea Selatan yang dibintangi oleh Moon Geun Young dan Kim Seon Ho. Serial ini tayang di TVN pada Oktober 2019. Catch the Ghost adalah drama kriminal investigasi berkisah tentang petugas polisi yang menjaga kereta bawah tanah. Mereka mencoba menangkap pembunuh berantai yang dikenal sebagai Ghost.

Drama ini menceritakan detektif muda, Yoo Ryung (Moon Geun-Young) yang bergabung dengan divisi kepolisian subway (kereta bawah tanah) untuk menemukan adik kembarnya yang menghilang.

Sang saudara kembar itu diketahui mengidap autisme. Ia melakukan segala cara, termasuk membohongi partnernya, Ko Ji-Seok (Kim Seon Ho).

Ko Ji Seok membantu menyelesaikan masalah Yoo Ryung dari belakang dan selalu membersihkan masalah yang ia perbuat. Tapi tak disangka, ia juga pemegang kunci untuk menyelesaikan kasus.

Baca Juga: Baru Tamat, 5 Adegan Berkesan di Yumi's Cells yang Bikin Baper

Ada isu menarik yang diangkat dalam serial ini, yakni kelompok marjinal penyandang disabilitas. Misalnya, Yoo Ryung selalu mengasuh adik kembarnya yang memiliki spektrum autisme. Bahkan sampai masuk wilayah privatnya, seperti berkencan. Hal ini disebabkan karena ia tidak memiliki uang untuk menyewa pengasuh.

Suatu hari, Yoo Ryung marah dan meninggalkan adiknya di subway. Sejak itu, adik kembarnya menghilang dan ia pun merasa bersalah.

Catch the Ghost. [Wikipedia]

Yoo Ryung telah menghafal setiap sudut ruangan dan tempat yang ada di stasiun kereta bawah tanah. Ini memudahkan dia dan timnya dalam menyelesaikan setiap kasusnya. Dia telah menghabiskan banyak waktu hingga dapat mengetahui dengan jelas seluk beluk stasiun kereta bawah tanah, karena sebuah alasan yang berkaitan dengan hilangnya saudara kembarnya.

Sedangkan Ko Ji-Seok, partner dan kepala tim Yoo Ryung juga memiliki kisah serupa. Ji-Seok memiliki seorang ibu dengan demensia. Sang ibu telah melupakan Ji-Seok dan hanya mengingat ayahnya saja sehingga Ji-Seok harus berpura-pura menjadi ayahnya demi menghibur sang ibu. Ia sendirian dan terbebani dengan semua tanggung jawab yang mesti diembannya, terlebih biaya rumah sakit dan pengasuh yang tidak murah.

Mereka kemudian dipertemukan dalam satu tim di divisi subway (kereta bawah tanah). Di tengah-tengah misinya untuk menemukan Ghost, Yoo Ryung mulai bergantung kepada Ji-Seok. Mereka pun bersama mulai melindungi dan menyukai satu sama lain.

Baca Juga: Sinopsis True Beauty, Drama Korea Romantis yang Bikin Baper

Di sisi lain, drama ini juga dibumbui genre komedi romantis tanpa menghilangkan esensi cerita. Misalnya, hal spontan yang dilakukan Yoo Ryung seperti mengubah skuter menjadi kendaraan polisi lengkap dengan sirine. Ia juga selalu berusaha menyelesaikan kasus apa pun sehingga membuat Ji-Seok terancam diskors.

Komentar