Muhammad Yunus
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menerima kunjungan Tim European Investment Bank dan Giz Germany (Felicity), di kediaman pribadinya, Rabu (18/5/22)

SuaraSulsel.id - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menerima kunjungan Tim European Investment Bank dan Giz Germany (Felicity), di kediaman pribadinya, Rabu (18/5/22).

Kunjungan ini dalam rangka membicarakan pembiayaan moda transportasi massal dengan konsep “green financing”. Serta kelanjutan setelah feasibility study BRT selesai.

Danny Pomanto menyambut baik rencana kerjasama ini dan akan segera membuatkan MoU. Sebagai tanda Pemerintah Kota Makassar sangat mendukung dan siap menjalankan transportasi massal dengan konsep mobil listrik.

“Membuat sebuah program BRT mirip Teman Bus. Bedanya dia pakai mobil listrik atau mobil lain yang low carbon. Teman Bus inisiasi dari pusat. Maka kita anggap BRT ini inisiasi kota. Karena melayani Kota Makassar dulu dan kawasan Mamminasata nantinya,” ucapnya.

Baca Juga: Wali Kota Makassar Perkenalkan Program Jagai Anak Ta Kepada Direktur USAID Indonesia

Keseriusan Danny Pomanto menggarap BRT dengan konsep green financing ini ditandai dengan pembentukan langsung tim kerja yang terdiri dari Kepala Dinas Perhubungan, Staf Ahli, Kabag Kerjasama, dan Kepala Dinas Penataan Ruang.

“Kalau secara teknik kita MoU, kami setuju sekali. Tapi ini kan kerjasama dari luar anggarannya juga pasti masuk ke pusat jadi kita juga harus menunggu persetujuan pusat. Jadi kita menunggu juga,” sebutnya.

Untuk tahap awal unitnya sendiri belum diketahui. Karena ada beberapa tahapan yang akan dilalui dan dipersiapkan sematang mungkin.

“Kalau Makassar kita sudah setuju dan siap. Tapi kalau mencakup wilayah Mamminasata harus ada ijin dari provinsi dan pusat. Tapi saya akan bertemu dengan pak Gubernur Sulsel untuk membicarakan konsep ini secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Baca Juga: Mobil Listrik Pertama Mengaspal di Labuan Bajo, Lengkap dengan SPKLU, Sekali Isi Full Rp 110 Ribu

Komentar